Jumat, 07 April 2017

Usada Kuranta Bolong (Part 1)

Halo dan selamat hari raya galungan saya ucapkan, kali ini saya akan memberikan sebuah artikel tentang Usada Kuranta Bolong. Apa itu? Usada Kuranta Bolong merupakan terjemahan dari Lontar Kuranta Bolong isinya tentang kesehatan dan pengobatan tradisional, dan artikel ini akan dibagi menjadi beberapa part atau bagian mengingat isi dari lontar aslinya yang begitu banyak. Tidak usah menunggu lama lagi saya akan berikan beberapa terjemahannya.
1. Obat bayi yang tulang tengkoraknya renggang (dalam bahasa balinya belahan/belah)
bahan obatnya: daun canging yang di tengah-tengah 11 lembar, padang lepas 11 batang,adas, tempelkan pada renggang itu setelah ditumbuk.
Dan lagi bahanya : daun canging yang ditengah-tengah 7 lembar,padang lepas 7 batang, adas 7 biji ditumbuk, dibecakkan.
2. Obat bayi yang tengkoraknya-tengkoraknya renggang
bahannya: kulit tri bulu lus,ketam batu yang jantan,jamur(cenana) keluping, daun kangkang yuyu 7 lembar, semua dibakar sampai hangus, abunya dipakai menempeli penyakitnya diberi tanda tambah (tampak dara).
3. Obat penutup bayi yang tulang tengkoraknya renggang
bahannya: nagasari,sulatri,camolung,pucuk daunnya masing-masing 7 pucuk,padang lepas,selasih merik,masing-masing 9 pucuk dicampurkan dengan kelabet 9 biji, ditumbuk ditempelkan pada ubun-ubunnya
4.Obat tulang tengkoran bayi yang renggang,untuk bedak(param) di dahinya
bahannya: nagasai,sulatri,camolung masing-masing pucuk daunnya, akar canging yang muda,dicampur dengan kelabet ditumbuk,sesudah ditumbuk ditempelkan pada penyakitnya, dibedaki sampai dahinya. Bedak badannya, berbahan : pohon dadap yang masih muda dikerik, gamongan kedis, dibedakkan pada badannya setelah ditumbuk. Dan bedak pada kakinya, berbahan : buah siri, mesui,dibedakkan setelah ditumbuk.
5. Obat sakit sarab aingin,gembung perutnya
bahannya: daun canging,daun adas,bawang merah,sembur perutnya.
6. Obat sakit sarab angin dan sarab api, kelihatan merah orang yang sakit
bahannya: daun waluh pahit,daun sunting-sunting,daun ketepeng,bawang merah, diminum setelah ditumbuk dan disaring, ampasnya dibedakan.
7. Obat sakit mendadak panas dan pingsan
bahannya: daun uku-uku 3 pucuk,pulet pipih 3 pucuk, setelah ditumbuk, ditempelkan ke ubun-ubunnya, lagi bedaknya bahannya: daun dadap,yang kuning, kencur,ditumbuk dan dibedakkan.
8. Obat bayi yang batuk kiningan
bahannya: daun belimbing besi,jangu,bawang putih, disemburkan di badannya.
9. Obat bayi cekehan (batuk-batuk)
bahannya : daun pancarsona,diris-iris,dicampur dengan kelapa yang dibakar,bawang merah,bungkus dengan daun pisang lalu di tambus,setelah masak dibiarkan semalam, besok paginya diperas dan disaring, dan diminumkan.
10. Obat sakit muntah- muntah
bahannya: kunir warangan,maja keling, ketumbar, garam, terus ditumbuk dimasak,setelah itu disaring lalu diminum.
11. Obat muntah mising
bahannya: gamongan,musi,ditumbuk,setelah diperas dan disaring, lalu diminum.
12. Obat sakit mising
bahannya: kulit kebau dibakar sampai hangus,ketahgajih,bawang dibakar,setelah ditumbuk dan disaring,diminum. Selain itu untuk sakit ini dapat menggunakan bahan lain : kulit pohon juwet lunak, adas, ditumbuk dengan air panas mendidih, diminum setelah disaring. Lagi ada bahannya: daun belimbing besi,hari bawang, diremas diminum setelah diperas dan disaring. Lagi ada bahannya: kulit tuwi putih asam,adas,ditumbuk disaring lalu diminum. Dan untuk bedaknya bahannya: kulit pohon buni tai, bawang adas, ditumbuk dan dibedakkan di bawah pusarnya.
13. Obat sakit batuk
bahannya: akar ketepeng, padang tampak liman, kelapa dibakar, soka natar sakawit, jika orang batuk-batuk,dicampur dengan bangle sedikit akar kecemcem,kesuna jangu,semua tambus setelah masak,diminumkan jika sudah ditumbuk dan disaring.
14. Obat sakit mencret
bahannya : kulit buah delima, beras merah, dicampur adas, dipanggang dibedakkan pada perutnya.
15. Obat sakit mejen
bahannya: akar bentenu, sampai dengan lublubnya(kambiumnya),bangsing(akar gantung),kasabsab yang muda,santan,gula, bawang dibakar, diminum setelah ditumbuk dan disaring, dan bedaknya daun ketimun, adas,dibedakkan pada perutnya, sampai kebawah pusarnya, setelah ditumbuk, lagi bedakknya daun ketepeng,adas,ditumbuk,dibedakkan diperutnya sampai kebawah pusarnya.
16. Obat perut panas
bahannya: lublub kumari,bawang adas,ditumbuk dibedakkan di perut
17. Obat sakit perut mangkak
bahannya: daun pepe,semanggi gunung, kunir, kemiri, bawang merah, bila penyakitnya keras bahan tersebut dapat dicampur dengan empol pandan ditumbuk, diminum sesudah disaring.
18. Obat sakit mata bengkak
bahannya: air susu ibu diteteskan di matanya.
19. Obat sakit gelisah serta ngaliep
bahannya: daun canging yang ditengah-tengah,padang lepas,kulit telur ayam,ditumbuk dan dibedakkan pada badan.
20. Obat tubuh gatal
bahannya: daun cemara,lengkuas,ditumbuk dibedakkan, dan lagi bahannya: daun nangka yang kuning,lengkuas, ditumbuk dibedakkan.


Sekian dulu untuk artikel ini. Silahkan untuk mengunjungi part2 nya :D

1 komentar: